Cara Merawat Kusen Pintu

7 Cara Merawat Kusen Pintu Agar Terhindar dari Jamur dan Rayap

Tahukah Anda bahwa ada cara merawat kusen pintu dari kayu yang bisa dilakukan tanpa harus menyewa jasa tukang bangunan. Dari berbagai macam jenis, kusen yang terbuat dari kayu merupakan material yang paling umum digunakan karena cocok untuk dipasang pada semua model rumah.

Hanya saja, dibutuhkan perawatan yang khusus agar kusen pintu dari kayu tidak mudah terkena jamur dan dimakan sayap.

Cara Merawat Kusen Pintu dari Bahan Kayu

Cara Merawat Kusen Pintu dari Bahan Kayu

Lalu, bagaimana cara merawat kusen pintu yang benar? Berikut tujuh cara yang tepat dalam merawat kusen pintu yang terbuat dari kayu.

1. Bersihkan Kusen Kayu dari Debu

Untuk perawatan harian, Anda bisa menggunakan kain lap yang telah diberi sedikit air. Namun ingat, segera keringkan bagian kusen yang telah dibersihkan agar tidak menjadi lembab dan ditumbuhi jamur.

Sedangkan untuk menghilangkan debu yang membandel, gunakan kain lap bersih dengan bagian permukaan lembut yang diberi cairan khusus untuk pembersih kayu. Cairan pembersih ini akan membuat kusen jendela dan kusen pintu akan kembali mengkilap.

2. Olesi Kusen Kayu dengan Zat Anti Rayap

Cara kedua dalam merawat kusen pintu yang terbuat dari kayu adalah melapisinya dengan zat anti rayap secara rutin. Zat ini diklaim paling efektif untuk melindungi kusen kayu dari gangguan rayap sekaligus membasminya. Umumnya, zat anti rayap tersebut dioleskan pada kusen sebelum dan sesudah kusen pintu pertama kali dipasang.

3. Aplikasikan Lapisan Pernis Pada Kusen Kayu

Kusen pintu dari kayu tidak hanya rawan terserang jamur dan rayap, tapi juga air hujan. Sebab, air hujan mengandung asam yang bisa membuat warna kusen menjadi cepat pudar. Untuk mencegah hal tersebut, cara merawat kusen pintu yang tepat adalah dengan menggunakan lapisan pernis.

Cara ini tidak hanya akan melindungi kusen kayu dari jamur dan rayap, melainkan juga akan menjaga kondisi kayu tetap baik walau sering terkena air hujan. Jika hal ini dilakukan secara rutin, kusen pintu akan tetap awet dan tahan lama serta akan memberikan kesan kilap.

Baca juga: Jasa Pasang Kusen Aluminium Terpercaya

4. Pengecatan Ulang

Cara berikutnya yang dinilai cukup efektif agar tampilan kusen pintu tampak baru adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Namun sebelumnya, kusen tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran baik berupa debu maupun noda yang menempel.

Tujuannya adalah agar hasil pengecatan bisa maksimal dan lebih mudah menempel. Jika pengecatan ulang selesai, jangan lupa untuk mengoleskan lapisan pernis kembali ke permukaan kusen.

5. Tambal Bagian Kusen yang Terlihat Berlubang

Kusen kayu yang telah lama umumnya akan mulai berlubang. Jika dibiarkan, maka lubang tersebut akan semakin membesar seiring bertambahnya usia kayu. Agar tampilannya kembali bagus, Anda bisa menambal atau menutupi bagian yang berlubang tersebut dengan menggunakan kayu yang telah dihaluskan.

6. Ganti Bagian Kusen Pintu yang Rusak

Selain berlubang, kusen kayu yang termakan usia juga bisa rusak di bagian-bagian tertentu. Jika kerusakannya dinilai sudah lebih dari 25%, sebaiknya segera lakukan penggantian. Jangan cemas, Anda tidak perlu mengganti semua permukaan kusen, namun cukup dengan mengganti di bagian yang rusak saja dengan jenis kayu yang sama.

7. Hindari Benda Tajam atau Keras

Cara terakhir dalam merawat kusen kayu adalah dengan menghindarkannya dari segala macam benda baik yang tajam maupun keras. Sebab, benturan yang terjadi akan mengakibatkan goresan pada kusen pintu yang sulit untuk dihilangkan sehingga membuat tampilannya menjadi kurang menarik.

Itulah ketujuh cara merawat kusen pintu dari bahan kayu yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Tidak hanya pada kusen pintu atau kusen jendela saja, cara ini juga ampuh digunakan untuk segala macam perabotan yang terbuat dari kayu.

Baca juga: Cara Membersihkan Kusen Aluminium

Karena bahan kayu sangat rentan dengan jamur dan rawan dimakan rayap, sekarang banyak orang yang mulai beralih ke bahan aluminium. Karena ada banyak keunggulan kusen aluminium yang membuat orang lebih tertarik untuk menggunakannya.

Jika Anda ingin menggunakan kusen aluminium, Anda bisa menggunakan jasa kontraktor aluminium Kencana Mirae.