Cara Membersihkan Kusen Aluminium

3 Cara Membersihkan Kusen Aluminium dari Noda dan Kotoran Membandel

Selain kayu, aluminium kerap dipilih sebagai material untuk membuat kusen. Bagian ini tidak luput dari debu dan kotoran, apalagi jika jarang dibersihkan. Faktanya, ada beberapa cara membersihkan kusen aluminium yang bisa Anda lakukan secara mandiri hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar rumah.

Misalnya, dengan menggunakan deterjen, cuka putih, air lemon, dan soda kue. Mau tau bagaimana cara yang paling simpel dan cepat dalam membersihkan kusen aluminium? Berikut ulasannya.

Cara Membersihkan Kusen Aluminium yang Simpel dan Cepat

Agar tampilan kusen tetap bersih dan awet, cara pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kusen aluminium secara rutin. Hal ini berguna untuk menghilangkan debu dan kotoran serta noda yang tidak membandel.

Bahan:

Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan untuk membersihkan kusen aluminium adalah air hangat, deterjen atau sabun cuci piring, ember, selang air, sikat berbahan nilon, dan kain kering.

Cara:

Pertama, semprot bagian kusen dengan menggunakan selang air agar debu dan kotoran yang menempel mudah terangkat. Jika sudah bersih, lap kusen dengan kain kering.

Namun jika masih ada noda yang menempel, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan tersebut dengan cara menuang air hangat ke dalam ember. Tambahkan deterjen atau sabun cuci piring, lalu aduk hingga tercampur secara merata.

Kemudian, gosok bagian kusen aluminium yang ada nodanya menggunakan sikat nilon. Setelah itu, bilaslah kusen menggunakan selang air untuk menghilangkan sisa sabun. Lalu, lap permukaan kusen tersebut dengan kain kering.

Baca juga: Kelebihan Menggunakan Kaca Aluminium

Membersihkan Kusen Berbahan Aluminium di Luar Ruangan

Kusen yang berada di luar ruangan kerap sekali kotor mulai dari debu dan kotoran hingga sisa air hujan yang menempel sehingga meninggalkan noda berupa bintik putih. Untuk menghilangkan noda tersebut, cara membersihkan kusen aluminium yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk aluminium yang dijual di pasaran. Cairan tersebut memang dirancang secara khusus untuk mengangkat noda dengan baik.

Bahan:

Sebelum memulai pembersihan, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu cairan pembersih khusus untuk kusen aluminium, selang air, sikat nilon, dan kain bersih. Agar terhindar dari terkena cairan pembersih berbahan kimia tersebut, sebaiknya gunakan sarung tangan dan kacamata.

Cara:

Gunakan sarung dan kacamata pengaman lalu siram area kusen aluminium secara menyeluruh menggunakan selang air. Sikat kusen pada bagian yang terdapat noda membandel. Kemudian, oleskan cairan pembersih menggunakan kain lap dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu, gosok kembali bagian tersebut dengan sikat nilon dan bilas dengan air lalu lap menggunakan kain kering.

Membersihkan Kusen Berbahan Aluminium di Dalam Ruangan

Saat membersihkan rumah, kusen jendela dan pintu kerap terlewatkan begitu saja. Akibatnya, debu yang menempel akan semakin tebal sehingga sulit dibersihkan sehingga kusen pun terlihat kusam.

Bahan:

Bahan yang diperlukan diantaranya adalah perasan air lemon, soda kue, cuka putih, kain lap kering, lap lembab, tisu dapur, air, dan sikat gigi.

Cara:

Buatlah larutan dari bahan soda dan perasan lemon ke dalam mangkuk kecil. Kemudian, oleskan secara merata ke bagian kusen dan gosok permukaan kusen yang bernoda secara perlahan menggunakan sikat gigi, diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan bersih. Ulangi prosesnya apabila masih ada noda yang menempel pada kusen aluminium.

Selain menggunakan larutan soda kue dan perasan lemon, Anda bisa menggunakan cuka putih yang dilarutkan ke air dan dimasukkan ke botol spray. Semprotkan ke bagian kusen lalu sikat, diamkan beberapa saat lalu lap dengan kain lembab kemudian keringkan kembali dengan menggunakan tisu dapur.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Kusen Aluminium

Itulah ketiga cara membersihkan kusen aluminium untuk menghilangkan debu dan noda yang membandel. Dengan membersihkannya secara rutin, maka kusen aluminium akan terlihat bersih dan tidak mudah keropos. Cara ini juga wajib diketahui oleh para kontraktor aluminium.